Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Islam
Manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan memiliki beberapa tujuan. pertama, tujuan sosial. pada tujuan sosial digunakan untuk mengurangi dampat negatif pada lingkup sosial atau masyarakat perusahaan. kedua, tujuan organisasional. tujuan ini untuk menarget atau membentuk sasaran sasaran untuk mencapai target lembaga. ketiga, tujuan fungsional. tujuan ketiga untuk membentuk dan memelihara kontribusi atau keikut sertaan karyawan yang optimal.
Terdapat beberapa program pada proses manajemen sumber daya manusia. pertama, human resource planning. maksud proses yang pertama, yaitu perencanaan untuk memenuhi kebutuhan atau kapasitas yang tersedia dalam lembaga. kedua, rekruitmen. rekruitmen merupakan proses pencarian SDM sesuai persyaratan yang sudah direncanakan. ketiga, selection. selection merupakan pemilihan SDM yang kompetan sesuai persyaratan kebutuhan lembaga. keempat, pengembangan profesional. pengembangan profesional ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki SDM. kelima, penilaian kinerja. penilaian kinerja dilakukan untuk memahami kinerja SDM dalam lembaga. keenam, kompensasi. proses ini dilakukan untuk penentuan tingkat kompensisa sesuai penilaian kinerja.
Pada lembaga pendidikan islam terdapat juga manajemen sumber daya manusia/MSDM. MSDM dilakukan untuk meningkatkan mutu pekerja atau pegawai dalam lembaga. pendidikan yang memiliki mutu yang besar merupakan harapan bagi semua manusia. pendidikan yang bermutu tersebut harus direncanakan. perencanaan tersebut harus dieksekusi oleh SDM atau tenaga pendidik. SDM merupakan aset yang paling berharga dalam lembaga pendidikan islam. SDM yang potensional dan sesuai kebutuhan lembaga dapat mempercepat target lembaga terpenuhi.
Manajemen sumber daya manusia dalam pendidikan dapat menigkatkan produktivitas tenaga pendidik agar lebih produktif dan potensial. Pengaturan pengelolaan yang mencakup fungsi MSDM merupakan aspek yang palaing penting dalam memperoleh tenaga pendidik atau SDM yang potensional. perancanaan yang dilakukan secara mendalam atau matang dapat mengasilkan sesuatu yang optimal. dalam MSDM lembaga pendidikan islam sesutau yang optimal tersebut adalah kualitas atau mutu SDM/tenaga pendidik.
Layanan pendikan yang bermutu merupakan pelayanan sesuai standar kerja. MSDM memiliki peran yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. pendidikan yang berhasil atau berkualitas dipengaruhi oleh SDM/tenaga pendidik yang potensional. oleh karena itu, semua lembaga harus memperhatikan atau mengelolan potensi seluruh SDM melalui konsep manajerial yang memadai. konsep manajerial yang memadai dapat membentuk SDM sesuai kebutuhan lembaga.
Pada lembaga pendidikan islam SDM merupakan bagian yang paling utama. Oleh karena itu, sumber daya manusia atau SDM perlu ditata dan dikelola. pengelolaan tersebut agar mendapatkan SDM yang potensional dan optimal bagi lembaga. pengelolaan SDM dalam sebuah manajerial dapat mengoptimalkan target lembaga secara efektif dan efisien.
Komentar
Posting Komentar